Bangga Menjadi Bagian Dari Indonesia

Menurut Saya bangga kepada Negara sendiri itu bukanlah pilihan, melainkan suatu kewajiban bahwa kita memang harus bangga menjadi bagian dari bangsa Indonesia, karena itu merupakan salah satu wujud nilai Kebangkitan Nasional. 

Saya hidup tumbuh dan dibesarkan di tanah air Indonesia. Saya bangga menjadi bangsa Indonesia juga karena Indonesia Negara yang begitu kaya akan budaya, suku, ras, bahasa, dan agama. Indonesia memiliki daya tarik tersendiri dimata Internasional dengan berbagai keungulan yang telah ada di negri kita. Indonesia merupakan negara dengan penduduk terbanyak ke-4 dunia. Berdasarkan letak geografisnya, Indonesia terletak di antara Benua Asia dan Benua Australia, serta di antara Samudera Hindia dan Samudera Pasifik. Posisi Indonesia terbilang strategis karena berada di titik persilangan dua benua dan dua samudera.

Kita sebagai bagian dari Indonesia, harus memberi kontribusi kepada Negara sekecil apa pun. Karena bila bukan kita yang memajukan indonesia, lalu siapa lagi? Bagi kawan-kawan yang masih duduk di bangku SD, SMP, SMA atau bahkan kuliah, minimal belajar dengan tekun itu sudah bisa dikatakan berkontribusi untuk negara.

Sebagai bagian dari Indonesia Saya mungkin tidak akan melakukan perpindahan Negara atau naturalisasi, karena saya sudah nyaman berada di Negeri yang terkenal dengan penduduknya yang ramah dan kekayaan alam dan budaya yang berlimpah. Semuanya tergantung dari diri sendiri untuk menjadikan Indonesia sebagai Negara yang lebih maju dan bisa bersaing dengan Negara lain di masa depan.

Universitas Gunadarma