Perubahan Sosial Karena Kemajuan Teknologi Dari Sudut Pandang Saya

Di era kemajuan teknologi seperti sekarang, sangat banyak kehidupan kita dipengaruhi teknologi yang terus maju dan berkembang. Begitupun yang terjadi pada hubungan dengan manusia lainnya, terjadi pula perubahan sosial yang dipengaruhi oleh adanya kemajuan teknologi sekarang ini.

Perubahan sosial sendiri dapat diartikan sebagai berubahnya suatu kondisi, misalnya nilai, sikap, serta pola perilaku yang terjadi dalam suatu lingkungan masyarakat, yang dipengaruhi oleh faktor tertentu.

Saya akan membahas mengenai perubahan sosial yang terjadi karena perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam kehidupan manusia dalam sudut pandang saya. Beberapa diantaranya adalah:

1. Komunikasi
Kemajuan ilmu pengetahuan telah mengubah kehidupan manusia dari yang awalnya bisa saling berinteraksi satu sama lain hingga saya sering mendengar istilah "Jauh jadi dekat, dekat jadi jauh."

2. Kebutuhan
Teknologi telah menciptakan ponsel pintar. Dimana semuanya serba online. Kita semua dapat dengan mudah mengakses berita harian hingga memesan ojek hanya melalui layar ponsel.

3. Perilaku
Terjadi pula perubahan sosial secara perilaku yang diakibatkan oleh adanya perkembangan teknologi. Menurut saya, anak muda jaman sekarang cenderung lebih individualis dan berpikir kritis dibandingkan dengan generasi yang terdahulu. Saya juga si hehe.

Jadi, kesimpulannya teknologi bisa memudahkan manusia tetapi juga bisa jadi buruk bagi kita. Beberapa contoh kemudahannya adalah terciptanya lapangan pekerjaan baru, membantu dalam kehidupan sehari-hari hingga berkomunikasi bisa dari mana saja. Namun ada juga dampak buruknya seperti orang yang jadi anti-sosial hingga banyak yang kaget terhadap teknologi. 

Universitas Gunadarma